ads

.

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


BUDAPEST – Betapa kagetnya Brigitte dan Gabor Berdefy ketika mereka membongkar dinding dalam rangka merenovasi apartemennya di Budapest, Hungaria. Sebuah tumpukan dokumen seberat 61 kilogram mereka temukan dari dalam rongga dinding.

Pasangan suami-istri (Pasutri) itu menemukan sekitar 6.300 dokumen yang ternyata berisi data-data atau daftar sensus Holocaust. Mereka menemukannya saat pekerja apartemen tak sengaja menembus tembok kala obeng yang dipakainya tersangkut.

“Kami kira, kami akan menghancurkan wallpaper tembok tetangga,” tutur Berdefy, sebagaimana disitat The Guardian, Sabtu (21/11/2015).

Mereka menemukannya dokumen itu yang hebatnya masih dalam kondisi baik. Dokumen itu berisi tentang sensus sekira 200 ribu warga Yahudi yang tertera bulan Mei 11944 di Hungaria yang hendak “dilenyapkan” oleh Nazi Jerman pada Perang Dunia II.

Ketika Hungaria bersekutu dengan Nazi, ratusan ribu warga Yahudi turut dimasukkan ke kamp-kamp konsentrasi, seperti juga yang terjadi di Polandia dan beberapa negara Eropa lain. Sekira 200 ribu Yahudi dalam dokumen itu, ditempatkan di 2.000 tempat, salah satunya rumah “Yellow Star”.

Dokumen-dokumen itu kemudian diserahkan ke Kepala Arsip Pemerintah Kota Budapest, Istvan Kenyeres. “Penemuan dokumen dalam skala besar seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya. Yang pasti dokumen ini membantu untuk mengisi kekosongan besar dalam sejarah Holocaust di Budapest,” timpal Kenyeres.

“Warga Yahudi mengisi berbagai lampiran dengan sukarela, mereka menolak untuk percaya, ke mana (nasib) mereka akan berakhir. Berkat pasangan Berdefy, kita sekarang tahu bahwa banyak Yahudi yang dulu menempati rumah Yellow Star,” tambahnya.

Tapi penemuan dokumen ini bukan yang terakhir. Kenyeres percaya bahwa setidaknya masih ada 23 ribu dokumen lain yang hilang sejak masa perang, di mana kala itu sekira 600 ribu Yahudi ikut tewas di Kamp Auschwitz di Polandia.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top
Selamat Datang di Seputar Indonesia Maju, kami memberikan berita seputar indonesia terkini secara lengkap dan update, kritik dan saran silahkan kirim ke ceritaterbaru10@gmail.com