ads

.

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5



NEW YORK – LiFi, alternatif super cepat untuk WiFi, terbukti mampu mengirim data hingga 1 GBps dalam tes di dunia nyata. Kecepatan LiFi sendiri dilaporkan bisa mencapai 100 kali lebih cepat dibanding teknologi WiFi.

Dengan kecepatan 100 kali lebih cepat dibandingkan teknologi WiFi tersebut, sebuah film dengan resolusi high definition (HD) bisa di-download dalam hitungan detik. Dalam skema percontohan yang dilakukan startup Estonia, Velmenni, teknologi ini diujicobakan di kantor dan lingkungan industry di Tallinn.

Sebagaimana dilaporkan Telegraph, Jumat (27/11/2015), alternatif WiFi ini menggunakan cahaya untuk memancarkan informasi melalui udara.

Sekadar informasi, cahaya ini sudah digunakan untuk mengirim data melalui jaringan serat optik dengan kecepatan tinggi. Cara kerjanya dengan memandu cahaya di sepanjang serat optik menggunakan refleksi internal total, sehingga tidak ada informasi yang hilang di sepanjang jalan mentransfer data.

"Biar bagaimanapun, transmisi informasi dengan pancaran cahaya melalui udara lebih sulit karena tidak ada tunnel cahaya untuk memandu sinyal ke mana informasi tersebut harus disampaikan," kata CEO Velmenni Deepak Solanki mengatakan kepada IBTimes. "Kami sedang melakukan beberapa percontohan dalam industri berbeda, di mana kita bisa memanfaatkan teknologi visible light communication (VLC).”

Saat ini, sambung dia, Velmenni sedang merancang solusi smart lighting untuk lingkungan industri, di mana komunikasi data dilakukan di sana. Velmenni tengah melakukan proyek percontohan dengan klien pribadi untuk mempersiapkan jaringan LiFi mengakses internet di ruang kantor mereka.

Teknologi LiFi ditemukan pada 2011 oleh Profesor Harald Haas dari Universitas Edinburgh, yang menunjukkan bahwa cahaya berkedip dari satu LED bisa mengirimkan data lebih dari menara seluler. Teknologi ini kemudian diuji coba oleh maskapai penerbangan.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top
Selamat Datang di Seputar Indonesia Maju, kami memberikan berita seputar indonesia terkini secara lengkap dan update, kritik dan saran silahkan kirim ke ceritaterbaru10@gmail.com